Saturday, March 23, 2013

Periode Pertumbuhan Embrio



Periode Pertumbuhan Embrio
Terdiri atas 5 periode:
1. persiapan (gametogenesis)
2. pembuahan (fetilisasi)
3. pertumbuhan awal
4. antara
5. pertumbuhan akhir
Periode Persiapan
Kedua parent dipersiapkan untuk melakukan perkawinan atau pembiakan. Gamet mengalami proses pematangan sehingga mampu melakukan pembuahan.
Periode pembuahan
Kedua paren kawin, gamet melakukn perjalanan ke tempat pembuahan, kemudian kedua jenis gamet melakukan pembuahan
Periode Pertumbuhan awal
Pertumbuhan sejak zigot mengalami pembelahan berylang kali sampai saat embrio memiliki bentuk primitive. Bentuk primitive adalah bentuk dan susunan tubuh embrio secara umum terdapat pada berbagai jenis vertebrata.
Periode ini terdiri atas 4 tingkatan antara lain:
1. cleavage
2. blastula
3. gastrula
4. tubulasi
Periode antara (transisi)
Merupakan periode antara awal dan akhir. Embrio mengalami transformasi bentuk dan susunan tubuh secara berangsur sehingga akhirnya mencapai bentuk difinitif.
Bentuk definitive adalah embrio yang sudah seperti bentuk dewasa. Bentuk dan susunan tubuh merupakan ciri setiap spesies hewan. Bagian-bagian tubuh embrio dari bentuk primitive mengalami deferensiasi terperinci dan lengkap. Periode antara disebut tingkat berudu, pada hewan yang embrionya mengalami tingkat tersebut adalah Pisces, Invertebrate dan Amphibia.
Periode pertumbuhan akhir
Pertumbuhan berntuk definitive sampai kelahiran Pada Anura berlangsung menjelang sekitar setelah metamorphosis. Pada Aves, beberapa hari sampai seminggu sebelum menetas, pada mamalia jauh lebih lama, pada manusia beberapa bulan menjelang kelahiran.
Pada hewan yang tidak berudu sukar sitentukan batas antara periode awal dan periode akhirnya (periode antara). Gabungan kedua periode ini disebut dengan tingkat organogenesis, yakni proses pembentukan alat tubuh serta mengkoordinasikannya dalam berbagai sistem.

No comments:

Post a Comment